Siap Amankan Malam Tahun Baru 2022, Kodim Pontianak Melaksanakan Apel Gelar Pasukan

Pontianak – MPGI News, Kodim 1207/Pontianak Melaksanakan Apel Gelar Pasukan  Oprasi terpusat Lilin Kapuas 2021 Dalam Rangka Pengamanan Perayaan malam Tahun 2021 dan Tahun Baru 2022 di wilayah Kota Pontianak.

Jum’at (31/12/2021).

Kegiatan yang di gelar di halaman Rumah Radank Adat Dayak, Jalan Sutan Syahrir Sungai Bangkong, Kecamatan Pontianak Kota melibatkan 12 instansi yang nantinya akan bersama-sama melakukan pengamanan kegiatan tersebut, yakni Kepala Dinas Kesehatan, Dr. Sidig Handanu Widoyono, M.Kes, PJU Polresta Pontianak Kota, Personil Polresta Pontianak Kota, 1 SSK Sat Brimobda Polda Kalbar, 1 Pleton Dit Samapta Polda Kalbar, 1 Pleton Dit Polairud Polda Kalbar, 1 Pleton Dit Lantas Polda Kalbar, 1 Pleton Lantamal XII Pontianak, 1 Pleton Kompi Kavaleri 12 /Mdc Kodam XII/Tpr, 1 Pleton Kodim 1207/Ptk, 1 Pleton Dinas Perhubungan Lota Pontianak, 1 Pleton Satpol PP Kota Pontianak dan Dinas Kesehatan Kota Pontianak, 1 Pleton Pramuka Saka Bhayangkara.

Apel gelar pasukan Oprasi Lilin Kapuas 2021 ini juga dilaksanakan secara serentak di seluruh jajaran TNI-POLRI

Wakapolresta Pontianak Kota AKBP Natalia Budi Darma, S.I.K., M.H dalam amanatnya menyampaikan bahwa Apel Gelar pasukan yang dilaksanakan ini merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Oprasi lilin 2021, dalam rangka pengamanan malam Tahun Baru 2022. Baik pada aspek personel maupun sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda dan mitra Kamtibmas lainnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, perayaan malam Tahun Baru oleh masyarakat secara universal dirayakan melalui kegiatan ibadah, dan perayaan pergantian tahun di tempat-tempat ibadah yang tentu akan mengakibatkan aktifitas pada pusat keramaian, peningkatan aktifitas ini tentunya dapat berpotensi menimbulkan gangguan Kamtibmas, gangguan kamsertibcar lantas, dan pelanggaran protokol kesehatan Covid-19.

Oleh karena itu, Polri menyelenggarakan kegiatan Oprasi gelar pasukan 2021 yang dilaksanakan menjelang tahun baru 2022, sebagai upaya memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat.

Dalam kesempatan terpisah, Kaur Ops Kodim 1207/Pontianak, Kapten Inf M Ansari mengatakan, dengan diselenggarakannya apel gelar pasukan oleh Polresta Pontianak ini kita dapat menentukan kesiapan pasukan khususnya Kodim 1207/Pontianak, serta alat peralatan yang nantinya dibutuhkan dalam pengamanan.

“Ini juga merupakan bentuk antisipasi dini dalam menentukan langkah-langkah pencegahan akan kemungkinan-kemungkinan yang terjadi, sehingga dalam mendukung kepolisian pada pelaksanaan tugas pengamanan ini kita benar-benar siap untuk menciptakan situasi dan kondisi yang aman dan kondusif,” kata Kapten Inf M Ansari.

Ia menambahkan, dalam tugas ini juga kita TNI-Polri dan Instasnsi terkait lainya dapat semakin mengkokohkan sinergitas dalam memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat pada perayaan malam Tahun Baru 2022 ini,” Pungkas Kaurops Kodim Pontianak.

(Pendim 1207/Pontianak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*