Rohidin: Kepala Sekolah Harus punya Komitmen Bangun SDM Berkualitas

Bengkulu – MPGI News, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menghimbau kepada 99 Kepala Sekolah yang baru dilantik kemarin (07/01) agar mempunyai komitmen kuat untuk membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas. Khususnya anak muda Bengkulu.

Hal ini ditegaskan Gubernur Rohidin saat bertatap muka dengan seluruh Kepada Sekolah se Kabupaten Kepahiang pada Minggu, 09 Januari 2022 di SMK Pertanian Pembangunan Negeri (PPN) Kelobak Kepahiang.

Bukan hanya itu, Rohidin berharap, Kepala Sekolah betul-betul menjadi pimpinan di unit sekolah masing-masing.

“Saya ingin bertatap muka langsung, terkait dengan komitmen kita agar Kepala Sekolah betul – betul menjadi pimpinan di unit sekolah masing-masing,” terang Gubernur Rohidin.

Pimpinan unit di sekolah dimaksudkan Gubernur Rohidin adalah untuk memastikan ketertiban jam mengajar, kehadiran kemudian inovasi sekolah untuk terus didorong.

“Saya harapkan rapat rutin minimum 1 bulan sekali dilakukan kemudian kontrol kehadiran benar- benar dibuat oleh kepala sekolah,” jelas Rohidin.

“Di sini harus diberikan reward dan punishment, maka kepala sekolah kita berikan ‘pisau’ yang tajam untuk memberikan reward – punishment dengan para guru di unit sekolah masing – masing, ini tidak bisa tidak, mereka mendapatkan hak maka dia harus melaksanakan kewajiban. Tetapi kita juga harus melihat agar situasi belajar sekolah tetap kondusif,” sambungnya.

“Pastikan kebijakan itu bukan untuk menghukum, kebijakan itu bukan untuk membuat sekolah mundur, tetapi justru dengan kebijakan ini bagaimana kita bangkit dengan kreativitas dan inovasi,” tutup Rohidin.

Sementara Kepala Sekolah SMAN 5 Kepahiang mengatakan, pihaknya mendukung penuh program serta kebijakan yang dibuat Gubernur Rohidin.

Karena menurutnya, kebijakan Gubernur Bengkulu merupakan sebuah langkah strategis agar tercipta SDM yang unggul dan nantinya siap bersaing di dunia kerja.

“Kita semua mendukung apapun program dari bapak Gubernur untuk pendidikan di Provinsi Bengkulu. Kami berharap Bengkulu bisa maju selama kepemimpinan bapak Gubernur,” tegasnya.

Selain itu, dia juga berharap ada dukungan untuk GTT dan PTT yang masih belum terdaftar sehingga bisa juga memperoleh tunjangan dari provinsi.

“Saya berharap ada dukungan dari pak Gubernur masalah GTT dan PTT kami yang belum mendapat bantuan dari Provinsi karena ada beberapa data – data Guru maupun PTT yang belum masuk ke data mendapat tunjangan dari provinsi,” harapnya.

Hal itu juga ditegaskan Helmi Johan Kepala Sekolah SMKN 5 Kepahiang, bahwa program Gubernur Bengkulu dan Wakil Gubernur Bengkulu akan memberikan warna baru di sekolah-sekolah untuk kemajuan pendidikan di Bengkulu. Termasuk program SPP Gratis untuk SMK/SMA/SLB

“Yang jelas dari kami sendiri sudah melakukan hal tersebut untuk siswa-siswa yang kurang mampu bahkan kami berikan beasiswa,” jelas Helmi.

“Mudah-mudahan dari pemerintah juga mensupport terhadap banyaknya kekurangan guru SMK. Solusinya adalah mencari GTT. Jadi mudah-mudahan dengan ini akan membuat pendidikan khususnya SMA /SMK akan lebih baik lagi, kita yakin kepada pak Gubernur bahwa SMK bisa,” tegasnya.

(Red/tim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*