Pemimpin Berkarakter, Berani Mengambil Keputusan

 

Bandung – MPGI News, Pangdam III/Slw Mayjen TNI Agus Subiyanto, S.E., M.Si, menghadiri Acara Prasetya Perwira Pembentukan Perwira Khusus (Diktukpasus) Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) Tahun Anggaran 2021, berlangsung di Lapangan Wiradhika Secapaad Jalan Hegarmanah No. 152 Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (20/12/2021).

Pelantikan dan pengambilan sumpah dipimpin langsung Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman.

Dalam amanatnya diantaranya menyampaikan, bagi para perwira baru dilantik dan disumpah, kalian telah dibentuk menjadi prajurit yang tangguh dan bisa diandalkan oleh TNI AD. Untuk itu, ilmu pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh selama di Secapaad ini agar diimplementasikan di lapangan, dengan harapan ada perbaikan pola pikir, pola sikap, dan pola tindak dari sebelumnya.

“Sebagai seorang perwira, saudara dituntut untuk bersikap secara professional, kreatif dan inovatif dalam menjalankan tugas, sehingga mampu menjawab tantangan yang semakin dinamis,” tegasnya.

Selain itu, dalam amanatnya bagi para perwira tersebut, harus selalu pegang teguh nilai luhur dan norma kode etik perwira “Budhi Bakti Wira Utama” pemahaman ini harus senantiasa menyatu dalam diri untuk membentuk karakter serta integritas, sekaligus menjadi landasan kehidupan keperwiraan dalam pelaksanaan tugas dan kehidupan sehari-hari.

“Jadilah teladan dan pemimpin yang mampu menjalankan peran sebagai komandan, guru, sahabat, sekaligus sebagai orang tua dari para prajurit dan keluarganya, utamanya di satuan yang menjadi tanggung jawab. Juga, jadilah para peminpin yang berani mengambil keputusan sebagai ciri pemimpin yang berkarakter,” pesannya.

Disisi lain Kasad pun menuturkan, pemimpin yang hebat itu adalah yang bisa dicintai anak buahnya. Namun, akan lebih hebat lagi apabila seorang pemimpin mencintai anak buahnya.

Diakhir amanatnya, Kasad mengucapkan selamat kepada para Perwira yang telah berhasil menyelesaikan pendidikan, hendaknya prestasi yang telah diraih dapat memotivasi diri dan meningkatkan kualitas pengabdian kepada TNI AD, Bangsa dan Negara.

Hadir Irjenad, Asops Kasad, Aspers kasad, Aslog Kasad, Asren Kasad, Waaster Kasad, Irajenad, Dankodiklatad, Pangdam III/Slw, Danpussenif, Danseskoad, Danpussenkav, Danpussenarmed, Danpussenarhanud, Kapuskesad, Dirajenad, Kadisjasad, Kadispsiad, Kapusbekangad, Kadispenad, Waka Polda Jabar, Kasetukpa Polri masing-masing bersama istri.

Sumber : Pendam III/Siliwangi

Publikasi : redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*