Mewujudkan Program Ketahanan Pangan Babinsa Koramil 1802-06/Klamono Komsos Cara Pembuatan Pupuk

 

Sorong, Papua Barat- MPGI News.Kesuburan suatu tanaman tidak terlepas dari tersedianya cukup bahan pupuk dan air yang terkandung dalam tanah yang menjadi area tanam, Babinsa Koramil 1802-06/Klamono. Melalui komunikasi sosial Serda Sumanto memberikan arahan kepada warga petani binaan terkait cara pembuatan pupuk organik bertempat di Kampung Malajapa, Distrik Klamono, Kabupaten Sorong. Selasa(23/11/2021).

Babinsa dalam kegiatan ini menyampaikan untuk pembuatan pupuk organik dilaksanakan dengan fermentasi pupuk dengan bahan antara lain dengan menggunakan tanah bekas, kotoran hewan dicampur zat Em4 kegunaannya meningkatkan kesuburan tanah.

Selain pupuk organik juga disosialisasikan pembuatan pupuk cair. Bahan yang digunakan dalam pembuatan pupuk cair antara lain bahan pupuk cair, pestisida nabati, urine sapi, empon empon, tetes tebu dan EM4 sebagai pengurai

“Dengan adanya kegiatan sosialisasi ini, bisa menambah pemahaman kami dalam pembuatan pupuk organik, hal ini tentunya menghemat pengeluaran kami untuk kebutuhan pupuk serta menyehatkan masyarakat karena mengurangi pengolahan lahan menggunakan pupuk kimia buatan pabrik,” Ujarnya.

Tidak lupah Babinsa mendukung dan memotivasi pembuatan pupuk tersebut karena menekan biaya dalam usaha pertanian serta bahan bahannya mudah di dapat dan tidak kalah dengan pupuk kimia”.

Selaku Babinsa, berharap kegiatan arahan ini bisa menjadikan para petani untuk tidak terpaku pada pupuk kimia saja akan tetapi juga bisa mengolah limbah organik yang ada di sekitar lingkungan rumah guna di jadikan pupuk agar tanaman lebih subur s

Samono salah satu warga petani mengucapkan terima kasih kepada Pak Serda Sumanto Babinsa Koramil 1802-06/Klamono yang berkenan memberikan/membagi ilmu pengetahuannya kepada kami (petani), khususnya kepada kelompok tani Kampung Malajapa Distrik Klamono Kabupaten Sorong semoga dengan kegiatan ini dapat menunjang pertanian kami kedepan”. Ungkapnya.

(TK/le)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*