Masyarakat Papua Barat Bangga atas Penamaan KRI Teluk Wondama-526

 

Wondama Papua Barat -MPGI News. Panglima Koarmada/ Pangkoarmada III Laksamana Muda TNI Irvansyah,S.H.,CHMRP.,M.TR.(Opsla) melaksanakan Kunjungan Kerja ke Kabupaten Teluk Wondama Papua Barat, saat tiba Bandara Wasior dengan menggunakan Helly Bell HU 4207 milik TNI Angkatan Laut, Pangkoarmada III disambut langsung Bupati Teluk Wondama Ir. Hendrik S. Mambor dan Wakil Bupati Drs. Andarias Kayukatui, Pejabat Struktural serta Forkopimda Kabupaten Teluk Wondama Papua Barat. (04/01/22).

Dalam kunjungan kerja tersebut, Pangkoarmada III didampingi Komandan Lantamal XIV Laksamana Pertama TNI Imam Musani, Komandan Gugus Keamanan Laut Koarmada III Laksamana Pertama Singgih Sugiarto, Asintel Pangkoarmada III Kolonel Laut (P) Bimo Sutopo, Asops Pangkoarmada III Asops Kolonel Laut (P) Endra Hartono, S.H., Komandan Satuan Kapal Amfibi Koarmada III Kolonel Laut (P) Elmondo Samuel Sianipar dan Kafasharkan Manokwari Kolonel Laut (T) Rahmadi Subgya.

Selanjutnya Pangkoarmada III beserta rombongan menuju Kantor Bupati Teluk Wondama untuk melaksanakan tatap muka di gedung Sasana Karya dengan Bupati, Wakil Bupati, Pejabat Struktural Kabupaten Teluk Wondama, Forkopimda, tokoh adat, tokoh agama dan LSM.

Pangkoarmada III dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Teluk Wondama atas sambutan dan penerimaannya serta menjelaskan tujuan dari kunjungannya adalah untuk meninjau lokasi pengukuhan secara adat KRI Teluk Wondama-526.

Lebih lanjut Pangkoarmada III meminta ijin kepada masyarakat Teluk Wondama untuk menggunakan nama Teluk Wondama sebagai nama dari salah satu Kapal Perang Republik Idonesia dan memohon do’a dari seluruh masyarakat Teluk Wondama agar Kapal Perang TNI Angkatan Laut tetap dapat mengabdi kepada negara dan bermanfaat untuk masyarakat luas.

Sementara itu dikatakan Bupati Kabupaten Teluk Wondama, merupakan suatu kebahagiaan dan kehormatan tersendiri bagi Pemerintah Daerah dan seluruh masyarakat Kabupaten Teluk Wondama, mendapat kunjungan dan diharapkan selanjutnya dapat mempererat tali persaudaraan dan memperkokoh kondisi keamanan ketertiban masyarakat di Kabupaten Teluk Wondama Papua Barat.

Selanjutnya Bupati Kabupaten Teluk Wondama mengatakan bahwa DPRD serta seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Teluk Wondama sangat mendukung tujuan yang baik dari TNI Angkatan Laut dalam mendukung percepatan pembangunan di Kabupaten Teluk Wondama, khususnya pembangunan Pos Angkatan Laut di Utara semenanjung Teluk Wondama.

Terlebih khusus Bupati Kabupaten Teluk Wondama memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas penamaan salah satu KRI dengan nama KRI Teluk Wondama-526, dimana seluruh masyarakat sangat bangga dan bahagia untuk hal ini dan mendoakan semoga KRI Teluk Wondama-526 dapat berfungsi secara optimal untuk kepentingan bangsa dan negara yang kita cintai ini.

Kemudian Bupati Teluk Wondama menjelaskan bahwa Kabupaten Teluk Wondama termasuk pada wilayah Taman Nasional Teluk Cendrawasih dan masuk dalam kawasan cagar alam. Selain itu di wilayah Teluk Wondama terdapat 3 (tiga) pulau besar yaitu Pulau Rumberpoon, Pulau Roswar dan Pulau Roon, sehingga sudah sangat tepat jika nantinya dibentuknya satu Pangkalan Angkatan Laut di daerah Teluk Wondama dalam rangka menegakkan hukum, menjaga keamanan wilayah laut dan pemberdayaan wilayah laut di wilayah perairan dan kepulauan di wilayah Kabupaten Teluk Wondama dan sekitarnya.

Setelah dilaksanakan tatap muka dilanjutkan dengan peninjauan Pelabuhan Kuri Pasai Wasior yang akan dijadikan tempat pengukuhan secara adat KRI Teluk Wondama-527 dan lahan yang akan dihibahkan oleh Pemda Kabupaten Teluk Wondama untuk pembangunan Pos Angkatan Laut di Kampung Maimari Distrik Wasior.

(Dispen Koarmada III )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*