Lestarikan Budaya Kerajinan Tangan Buat Sarung Galon Anggota Satgas Yonif 144/JY Bersama Warga di Perbatasan

Langau – MPGI News, Anggota Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 144/JY melestarikan budaya buat sarung galon tradisional khas Dayak di desa Langau 1 Kecamatan Puring Kencana Kabupaten Kapuas Hulu Kalbar.

Hal ini disampaikan Dansatgas Pamtas Letkol Inf Andri Suratman dalam keterangan tertulisnya di Pos Kotis Sabtu (04/12/2021).

Kerajinan tangan dan budaya Indonesia sangat banyak dan beraneka ragam, salah satu nya kerajinan tangan membuat sarung galon yang terbuat dari benang dan bermotif corak khas pakaian Dayak, seperti yang dilakukan oleh anggota Satgas pos Langau 1 mencoba untuk belajar dan sekaligus memberikan pemahaman kepada warga pentingnya melestarikan kerajinan tangan ini meskipun tinggal di perbatasan”, ucapannya.

Dikatakannya Bu Yoseph”,dalam membuat kerajinan tangan sarung galon ini di butuhkan benang,penggaris untuk mengukur pola,dan plastik kecil warna warni,serta terimakasih banyak atas bapak satgas yang telah memberikan pemahaman kepada kami bahwa kerajinan tangan ini harus di lestarikan dan jangan punah, imbuhnya.

Letda Inf Moh Ridha Fitria Amd beserta dua rekannya”,kami sangat tertarik dengan kerajinan tangan buat sarung galon ini dan harus di lestarikan meskipun seiring dengan perkembangan zaman modern sekarang ini”,dan memberikan pemahaman kepada warga kerajinan tangan ini harus dilestarikan imbuhnya.

Kerajinan tangan ini harus di jaga dan di ajarkan kepada generasi muda agar tidak lenyap termakan oleh kemajuan teknologi.

(Red/tim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*