lestarikan Budaya Adat Dayak Katanjuk Anggota Satgas Yonif 144/JY Bersama Warga di Perbatasan

Langau – MPGI News, 1, Anggota Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 144/JY lestarikan budaya adat Dayak Katanjuk desa Langau Kecamatan Puring Kencana Kabupaten Kapuas Hulu Kalbar.

Hal ini disampaikan Dansatgas Pamtas Letkol Inf Andri Suratman dalam keterangan tertulisnya di Pos Kotis Senin (03/01/2022).

Melaksanakan acara adat Katanjuk merupakan salah satu budaya Dayak yaitu melepaskan pergi untuk merantau jauh atau keluar kota, seperti yang dilakukan oleh anggota Satgas Kami mengahadiri acara adat tersebut bersama warga di puring kencana.

Budaya adat Dayak ini yang menggambarkan sikap dan sifat setiap daerah warga Dayak, kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian dan ikut melestarikan budaya yang Dayak jangan sampai hilang di telan zaman,serta membuat hubungan harmonis antar satgas dengan warga di Perbatasan”, ucapannya.

Dikatakannya Yohanes adup selaku kepala adat”, Katanjuk ini merupakan budaya kami yang sudah turun menurun dari nenek moyang kami jika ada yang mau merantau ke luar kota”,serta mengucapkan terimakasih banyak atas kehadirannya dari bapak-bapak Satgas”, pungkasnya.

Letda Inf Moh Ridha Fitria Amd, beserta tiga rekannya”, kami meghadiri acara adat ini bersama warga Dayak dan ketua adat,serta melestarikan budaya adalah agar nilai-nilai luhur budaya,yang ada di dalam suatu tradisi dapat tetap di pertahankan”, imbuhnya.

Kegiatan ini berjalan dengan lancar dan selalu mengedepankan protokol kesehatan.(Pen Yonif 144/JY).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*