Komandan Pasmar 3 Menerima Kunjungan Tim Wasrik ITJEN TNI di Mako Pasmar 3

 

Sorong Papua Barat – MPGI News Bertempat di Mako pasmar 3 Jl. Sorong Klamono K.M 16, Kelurahan Klablim, Distrik Klaurung, Kota Sorong Provinsi Papua Barat beberapa hari lalu(22/10/2020),Komandan Pasmar 3 Brigjen TNI Marinir Edy Juardi telah menerima kunjungan Tim Wasrik Itjen TNI.

Adapun Rombongan Tim Warsik antara lain :
– Kolonel Laut(P)Heru Supriyanto.(Ketua Tim)
– Kolonel Laut (KH) Merpati Supriarso.(Anggota)
– Letkol Sahrin Dharmawanto, S.E
– Letkol Thinfie
– Serka Safuan

Dalam kunjungan nya tersebut turut hadir juga pejabat dari pasmar 3 marinir yaitu
– Brigjen TNI Marinir Edy Juardi (Komandan Pasmar 3)
– Kolonel Mar Agung Trisnanto (Wadan Pasmar 3)
– Kolonel Mar Ferdy Erwin Takaendengan (Asintel Pasmar 3)
– Kolonel Mar Anjas Wicaksono (Asrena Pasmar 3)
– Kolonel Mar Kusyuwono, S.H. (Aspers pasmar )
– Kolonel Mar Gunawan Tri U. (Aslog Pasmar 3)
– Kolonel Mar Edi Prayitno (Komandan Brigif 3 Mar).
– Kolonel Mar Bayu Kelana Putra (Komandan Menkav 3 Mar).
– Kolonel Mar Kurniawan BCP (Komandan Menart 3 Mar).
– Kolonel Mar Darwin Tambunan (Komandan Menbanpur 3 Mar).
– Kolonel Mar I Gede Edy S., M.Tr Hanla, M.Tr. (Han) (Asops Pasmar 3)
– Letkol Mar Sapto Putro Pamungkas (Dandenma Pasmar 3).

Kemudian komandan pasmar 3 langsung memberikan sambutan kepada Tim Wasrik dan para pejabat pasmar 3 dan di lanjutkan dengan sambutan dari
Ketua Tim Wasrik.Dalam sambutan nya ketua tim mengatakan bahwa kami terlebih dahulu melaksanakan perkenalan dari Tim Wasrik kepada para Pejabat Pasmar 3,setelah itu
Ketua Tim Wasrik memberikan sambutan kepada para Pejabat Pasmar 3.
Dalam sambutannya mengatakan bahwa,
Kalau kita lihat sistem anggaran yang di peruntukan ini dengan sistem undang undang 34 ini tidak mengenah seperti sendiri – sendiri padahal dalam undang undang TNI itu sudah jelas bahwa penguasa yang memegang hukum terkuat adalah panglima TNI kepala Staf hanya membantu menyiapakan.untuk itu kita hanya sekedar menjadi pengetahuan kami, bahwa kami datang ke pasmar 3 agar kami melihat bagaimana kesiapan pasmar 3 dalam rangka mendukung pemberian kekuatan.
Kurang lebih 1 hari tim wasrik melakukan pengawasan untuk itu mohon bantuannya sehingga kami dari tim Wasrik TNI ini di berikan data-data yang lengkap dan akurat untuk menjadi acuan ke depan termasuk koarmada III.

Saat ini kami juga melihat masih banyak kekurangan dan masih sangat terbatas dengan wilayah yang cukup luas namun hanya memiliki 7 KRI saja 6 unit kelas patroli yang kecil dan hanya 1 kelas LST sementara itu jika di gunakan untuk mengcover wilayah armada III, kapal – kapal kita ini tidak memiliki kemampuan, maka dari itu koarmada III sangat memerlukan KRI yang dapat menunjang kegiatan patroli di wilayah nya.
Kemudian dari kondisi bahan bakar yang di gunakan yang hanya ada di sorong dan di manado.kemudian kegiatan operasi masih tergantung pada koarmada II sementara koarmada II juga memiliki wilayah sendiri yang harus di jaga sehingga hal ini yang menjadi penyebab KRI yang di berikan sangat terbatas. Oleh karena itu perlunya koarmada III memiliki KRI yang dapat menunjang kegiatan patroli.
Ini perlu juga untuk kita sampaikan kepada panglima TNI agar dalam mengamankan wilayah koarmada III dapat di laksanakan dengan baik,bahkan
dengan kormar untuk menjadi kotama ops yang merupakan peluang untuk melaksanakan operasi pulau terluar namun inipun tidak terlepas dari dukungan KRI yang mampu untuk melakukan patroli.
Kemudian perlunya korps marinir untuk melakukan konsep operasi sehingga kotama ops ini dapat terlaksana dengan baik.

Setelah menyampaikan sambutan
Tim Wasrik itjen TNI Menyerahkan. bingkisan inventaris kepada pejabat Pasmar 3,kemudian Tim Wasrik ditjen TNI Melaksanakan Pemeriksaan di ruang-ruang Staf Pasmar 3 serta pemutaran video kolonel senapan dan pemutaran video karate ber regu yang di saksikan langsubg oleh Komandan Pasmar 3 beserta para pejabat pasmar 3 yang ikut hadir pada kunjungan tersebut,”tuturnya.

(Timo/leo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*