Koarmada III Gelar Upacara Virtual dan Syukuran HUT ke-59 Korps Wanita Angkatan Laut (Kowal) Tahun 2022

 

Sorong Papua Barat – MPGI News.Koarmada III mengikuti Upacara Peringatan HUT ke-59 Korps Wanita Angkatan Laut (Kowal) tahun 2022 secara Virtual dengan mengusung tema “Bersemangat, Tangguh, Wujudkan Indonesia Tumbuh, Indonesia Tangguh”, yang dihadiri Kepala Staf Koarmada III Laksamana Pertama TNI Yeheskiel Katiandagho, S.E., M.M., M.H., Inspektur Koarmada III Laksamana Pertama TNI DR. Toto Dwijaya Saputra S.T., M.SI (Han)., M.TR.Opsla., Kapok Sahli Koarmada III Laksamana Pertama TNI Budi Jatmiko, S.T., M.A.P., CHRMP, Pejabat Utama Koarmada III lainnya dan Ketua Daerah Jalasenastri Armada III (KDJA III) Ny. Yuanita Irvansyah beserta Wakil Ketua Daerah Jalasenastri Armada III Ny. Ratna Yeheskiel Katiandagho di Gedung Serba Guna Mako Koarmada III, Katapop Sorong Papua Barat. (05/01/2022)

Acara diawali dengan mengikuti Upacara Secara virtual dari Markas Besar TNI AL (Mabesal) Cilangkap Jakarta Timur, yang dipimpin langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, dimana dalam amanatnya, Kasal menyampaikan, anggota Korps Wanita TNI Angkatan Laut memiliki peran istimewa, sebab anggota Korps Wanita TNI Angkatan Laut mengemban multi peran dalam menjalani kodratnya sebagai wanita yang seutuhnya.

Selain memikul tanggung jawab sebagai Prajurit Jalasena, anggota Korps Wanita Angkatan Laut juga berperan menjadi seorang istri dan sekaligus sebagai seorang ibu dalam kehidupan rumah tangga, semua peran tersebut sama pentingnya, sehingga harus mampu dijalankan secara serasi, selaras dan seimbang, agar tidak ada peran yang terabaikan.

Sebagai seorang Prajurit, Korps Wanita TNI Angkatan Laut harus profesional, tegar, tangguh dan militan, sedangkan sebagai seorang istri, wajib mengurus rumah tangga dan berbhakti kepada suami dan selaku seorang ibu, anggota kowal menjadi pengasuh, pelindung serta pendidik bagi buah hatinya.

Dalama akhir amanatnya ditegaskan Kasal, bahwa sebagai profil wanita Indonesia, Kowal harus senantiasa menjunjung tinggi kehormatan, menjaga tutur kata, etika, perilaku dan penampilan, baik dalam kedinasan maupun kehidupan sehari-hari. hal ini selaras dengan sesanti Korps Wanita TNI Angkatan Laut, “Pengabdian dan Kehormatan adalah Jiwaku”.

Selesai mengikuti rangkaian upacara secara virtual dilanjutkan dengan sambutan Ketua Umum Jalasenastri Ny. Vero Yudo Margono selaku Ibu Catra Ratnanggadi Jalakanyasena yang dibacakan Ketua Daerah Jalasenastri Armada III (KDJA III) Ny. Yuanita Irvansyah.

Dalam sambutannya Ketua Umum Jalasenastri berharap agar Kowal semakin mampu berkiprah, melalui kecerdasan intelektual dan spritual, kedewasaan dalam berpikir dan bertindak, serta mengembangkan potensi diri guna mendukung keberhasilan dalam setiap penugasan yang menjadi tanggung jawabnya dan selalu berusaha untuk meningkatkan keimanan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.

Diakhir acara dilaksanakan syukuran dengan pemotongan tumpeng oleh Ketua Daerah Jalasenastri Armada III (KDJA III) dan diberikan kepada Serda BAH/W Hasma Rida Waita, Prajurit Kowal Koarmada III yang merupakan lulusan Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) tahun 2020 di Satdik 3 Kodiklatal Katapop Kabupaten Sorong Papua Barat.

(Dispen Koarmada III)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*