Kesiapan Menyambut Nataru (Natal dan Tahun Baru), Kapolres Sawahlunto AKBP Ricardo Condrat Yusuf, SH, SIK, MH memimpin kegiatan apel gelar pasukan operasi Lilin Singgalang 2021 di Lapangan Apel Mapolres Sawahlunto

Sawahlunto – MPGI News, Hadir dalam kegiatan tersebut, Walikota Sawahlunto yang diwakili Kaban Kesbangpol Adri Yusman, Kepala Dinas perhubungan Kota Sawahlunto Irwansyah, Kepala Dinas Kesehatan Kota Sawahlunto Yasril, Kadis Sat Pol PP dan Damkar Jon Hendri, Ketua Senkom Mitra Polri Dedi Salman, Waka Polres Sawahlunto Joni Darmawan, SH, Pejabat Utama, serta para Kapolsek Jajaran dan tamu undangan lainnya.

Pasukan upacara terdiri dari anggota 1 Pleton Kodim 0310/SD, 1 Pleton Personel Polres Sawahlunto, 1 Regu Dishub, 1 Pleton Satpol PP dan Dinas Perhubungan, 1 Regu Senkom Mitra Polri, 1 Regu BPBD dan 1 Regu Dinas Kesehatan.

Kapolres Sawahlunto AKBP Ricardo Condrat Yusuf, S.H, SIK, MH membacakan amanat dari Kapolri bahwa Operasi Lilin 2021 yang diselenggarakan oleh Polri ini adalah Operasi terpusat dan secara serentak di seluruh jajaran Polri, mulai dari tingkat Mabes Polri hingga kesatuan kewilayahan.

“Apel gelar pasukan ini dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi ” Lilin 2021″ dalam rangka pengamanan perayaan Natal Tahun 2021 dan Tahun Baru 2022, baik pada aspek personel maupun sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda, dan Mitra kamtibmas lainnya,” kata Kapolres.

Kapolres mengatakan bahwa Perayaan Natal dan Tahun Baru oleh masyarakat secara universal dirayakan melalui kegiatan ibadah dan perayaan pergantian tahun di tempat-tempat wisata, yang akan meningkatkan aktifitas pada pusat keramaian.

Peningkatan aktivitas masyarakat ini tentu saja sangat berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas, gangguan kamseltibcar lantas, dan pelanggaran protokol kesehatan Covid-19.

Oleh karena itu, Polri menyelenggarakan Operasi Lilin-2021 yang akan dilaksanakan selama 10 hari, mulai dari tanggal 24 Desember 2021 sampai dengan tanggal 2 Januari 2022.

“Dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif secara humanis, serta penegakan hukum secara tegas dan profesional, Tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, sehingga masyarakat dapat merayakan Natal dan Tahun Baru dengan rasa aman dan nyaman,”

Adapun beberapa penekanan Kapolri adalah

1. Siapkan mental dan fisik serta jaga kesehatan, niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan YME.

2. Lakukan deteksi dini dengan memetakan dinamika dan fenomena yang berkembang, sebagai langkah antisipas sedini mungkin untuk mencegah aksi yang meresahkan masyarakat.

3. Tingkatkan kepekaan, kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam melaksanakan pengamanan dan antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya aksi teror dan kriminalitas yang memanfaatkan momentum Natal 2021 dan perayaan tahun baru 2022.

4. Laksanakan pengamanan secara profesional dan humanis, berikan pelayanan terbaik, lengkapi sarpras dan perlengkapan perorangan yang memadai, serta lakukan penugasan anggota dengan buddy system,

5. Laksanakan penegakan hukum secara profesional dan proporsional serta bertindaklah secara tegas namun humanis terhadap setiap pelanggaran hukum yang berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas,

6. Mantapkan kerja sama, sinergi, dan
soliditas para pihak yang terlibat demi keberhasilan pelaksanaan operasi,

7. Tetaplah menjadi teladan bagi keluarga, rekan, dan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan mencegah penyebaran Covid-19.

Untuk diketahui, di wilayah hukum Polres Sawahlunto sendiri telah didirikan 1 Pospam dan 2 Posyan meliputi, Pospam Di Simpang Muaro Kalaban Kota Sawahlunto.

Untuk Posyan di Simpang Lapangan Segitiga Sawahlunto dan Posyan Kandi didepan Taman Satwa Kandi dan melibatkan 55 anggota Polres Sawahlunto yang akan dibantu oleh petugas gabungan lainnya Dari TNI, Pol PP, Dishub, Senkom dan Dinkes.

(Red/tim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*