KAPASITAS RUANGAN PENANGANAN COVID-19 PENUH , JUBIR: “KAMI SEDANG MENYIAPKAN FASILITAS PENANGANAN COVID-19 TAPI TETAP MEMBUTUHKAN WAKTU”

 

Sorong papua barat – MPGI News Peningkatan terkonfirmasi positif Covid-19 di kota sorong, menyebabkan fasilitas penanganan Covid-19 penuh.Dari informasi yang didapat, saat ini Rumah Sakit Sele Bi Solu untuk kapasitas ruangan penanganan Covid-19 sudah penuh.

Sehingga perlu di “.Ingat, bahwa saat ini fasilitas kesehatan di kota sorong saat ini sudah penuh, apabila terkonfirmasi positif Covid-19 ini bertambah dan meningkat terus-menerus, lalu pasien tersebut akan di tempatkan dimana?, tentu kami sebagai pemerintah akan menyiapkan fasilitas itu, tapi untuk menyiapkan itu semua juga pastinya butuh waktu.

Untuk itu jalan yang paling terbaik adalah mari kita sama-sama bertanggung jawab menekan penyebaran Covid-19 di kota sorong, gunakan masker, hindari kerumunan, kegiatan kumpul-kumpul itu sebaiknya ditunda dulu, jikalau pandemi ini sudah berakhir baru bisa melakukan kegiatan kumpul-kumpul silahkan, tapi untuk saat ini kami sarankan jangan dulu, hindari kerumunan, jangan kumpul-kumpul, jaga jarak, rajin mencuci tangan, dan selalu gunakan masker,” Ruddy R. Laku, S. Pi,. MM selaku jubir.

Saat ini juga kami sedang melakukan pengerjaan rehab terhadap bangunan yang ada di karantina kampung salak, pengerjaan rehab telah dilakukan dan kemungkinan akan selesai dalam waktu satu atau dua minggu. dan untuk awal bisa menampung tambahan 30 orang, dan ada satu gedung yang sedang disiapkan sekitar 20 orang sehingga total yang ditampung bisa sebanyak 50 orang.

Dari hasil Rapat bersama Forkopimda,jika nanti sudah tidak mampu menampung lagi,walikota sorong menyarankan untuk kita nanti menggunakan hotel yang ada di kota ini, tapi itu belum diputuskan karena saat ini kita sedang memepersiapkan diklat kampung salak,sehingga dapat menigkatkan kapasitas penganan Covid-19 guna menampung orang-orang yang terkonfirmasi positif di kota sorong,” kata jubir.

Lanjut jubir Dalam jumpa pers yang berlangsung di depan Posko Satgas Covid-19, jumat (25/9/2020) Ruddy R. Laku, S. Pi,. MM selaku jubir memberikan informasi kembali bahwa rumah sakit sele bi solu dan 3 puskesmas yaitu puskesmas remu, malawei, dan malanu masih ditutup untuk sementara, sehingga pelayanan kesehatan bagi masyarakat sekitar dapat dialihkan sementara kepuskesmas terdekat. Dengan adanya penutupan sementara ini akan dilakukan disinfektan atau penyemprotan sterilisasi diareanya. Yang bertujuan agar tidak terjadi penularan ketika masyarakat datang melakukan pemeriksaan kesehatan seperti di 3 puskesmas yang sedang ditutup ini,”

Untuk saat ini ada dua dokter dan juga tenaga kesehatan yang terkonfirmasi positif Covid-19, untuk cluster penularan Covid-19 di kota sorong masih berada di cluster perkantoran dan keluraga, dan perbankan yang telah dikonfirmasi bahwa ada beberapa perkantoran dan sudah ada empat perbankan yang melapor bahwa ada pegawainya yang terkonfirmasi positif Covid-19 dan kini sedang dalam penangana,”ucap jubir.

(Timo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*