“Jika Kurang, Kami Akan Rekrut Nakes non Organik”

 

Sorong papua barat – MPGI News Juru Bicara Satgas Covid-19 Kota Sorong, Ruddy R. Laku, S.Pi.,MM menjelaskan, pihaknya akan merekrut Tenaga Kesehatan (Nakes), yaitu perawat dan bidan non organik (bukan pegawai negeri sipil, red), apabila tenaga yang butuhkan pada Rumah Sakit Rujukan Covid-19 Kampung Baru masih kurang.

Hal tersebut disampaikan pada jumpa pers yang berlangsung di Lobi Kantor Walikota Sorong, Sabtu (19/9/2020). Dikatakan, pihaknya telah melakukan pertemuan dengan pihak rumah sakit rumah sakit kota dan kabupaten Sorong, serta Dinas Kesehatan kota dan kabupaten Sorong.

Dari pertemuan tersebut telah diputuskan bahwa, Rumah Sakit Rujukan Covid-19 akan ditingkatkan kapasitasnya. Keputusan ini sudah sesuai dengan petunjuk Walikota Sorong.

Diakui, sebelumnya rumah sakit tersebut sudah berjalan, namun akan ditambah kapasitasnya lagi hingga mencapai 50 tempat tidur.

“Kami sudah mendapat dukungan dari berbagai rumah sakit termasuk Dinas Kesehatan Kabupaten dan Kota Sorong, untuk mem-‘backup’ sarana dan prasarana yang ada, seperti tempat tidur, laboraturium dan sebagainya, termasuk tenaga medis baik dokter ahli, dokter umum, perawat dan tenaga bidan,” papar Jubir.

Apabila masih terdapat kekurangan, tambahnya, akan dilakukan perekrutan perawat dan bidan non organik yang ada di Kota Sorong, sehingga bisa mem-‘backup’ di rumah sakit rujukan Covid-19.

“Tenaga dokter ahli ada empat yang siap. Dokter umum idealnya 10 orang. Lima dari Kabupaten Sorong dan lima dari Kota Sorong. Perawat dan bidan untuk sementara minimal disiapkan sekitar 50 orang yaitu, 15 dari Kabupaten Sorong dan 15 dari Kota Sorong. Kemudian dari RS Aryoko 10 orang dan RS Angkatan Laut 10 orang, sehingga totalnya 50 orang,” rinci Jubir mengakhiri. (Satgas Covid-19 Kota Sorong).

(Timo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*