DISTRIBUSI AIR KEPADA WARGA AFRIKA TENGAH, BEGINI CARA BUDAK PONTIANAK LAKUKANYA

Pontianak – MPGI News, Satuan Tugas Garuda Bhayangkara FPU 3 MINUSCA (United Nations Multidimensional Integrated Stabilization Mission in the Central African Republic) , Formed Police Unit (FPU) adalah satuan tugas kepolisian yang berada di bawah naungan PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa). Anggota kepolisian yang tergabung dalam FPU memiliki tugas dan wewenang sesuai mandate dari PBB. Antara lain untuk melindungi warga sipil dan menjaga fasilitas PBB.

Bripda Muhammad Iqbal Ansyari seorang Polisi muda asal kota Pontianak, Kalimantan Barat mendapat kesempatan untuk berangkat ke Bangui, Afrika Tengah menjadi bagian dari Pasukan PBB dalam misi kemanusiaan FPU 3 MINUSCA.

Dalam menjalankan tugas yang mulia ini Bripda Iqbal dapat dipercaya sebagai Mekanik Water Treatment atau yang biasa dikenal sebagai mekanik air layak pakai, diwilayah ibu kota bangui, Afrika Tengah sendiri saat ini sedang mengalami krisis air bersih, tak hanya krisis air bersih diwilayah tersebut dalam 11 bulan terakhir tidak ada turun hujan.

Hal ini lah yang membuat pasukan perdamaian ini melaksanakan tugas mulia untuk mendistribusikan air kepada masyarakat sekitar, dalam pendistribusian ini mulai dari kalangan anak kecil hingga dewasa ikut mengantri menggunakan ember dan jerigen untuk penampungan mereka ketika mobil Tangki air kami datang.

” Setiap harinya kami selalu mengirim pasokan air bersih sekitar 10.000 Liter dengan menggunakan mobil truck tangki air bersih yang siap digunakan, baik itu untuk diminum atau untuk kebutuhan sehari-hari, sebagaimana kita tahu sumber air yang sangat jauh, dan iklim yang jarang hujan, membuat kami ingin memberikan hal yang lebih kepada antar sesama manusia, dan ketika kami melaksanakan pendistribusian air, mereka sangat menunggu kehadiran kami bahkan sampai berbondong dan rebutan untuk antrian pertama, hal ini lah yang membuat kami penuh rasa syukur ketika tinggal di indonesia yang air nya melimpah bahkan tidak kesusahan seperti ini. ” Ujar Bripda Iqbal.

Didalam kesibukan sehari-hari sebagai pasukan perdamaian yang menjaga warga sipil dari ancaman apapun, namun kontingen indonesia khusus nya putra daerah kota Pontianak ini juga memberikan hal yang lebih berguna untuk masyarkat Afrika tengah disini sebagai sumber kehidupan.

(Red/tim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*