DANKORMAR HADIRI UPACARA PEMBUKAAN PENDIDIKAN REGULER SESKOAL ANGKATAN KE 60 TA.2022

 

Jakarta – MPGI News.Komandan Korps Marinir Mayjen TNI (Mar) Suhartono menghadiri Upacara Pembukaan Pendidikan Reguler Seskoal Angkatan ke 60 Tahun 2022 yang dibuka langsung oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono di Sekolah Staf Komando Angkatan Laut (Seskoal) Cipulir, Selasa (11/01/2022).

Acara dihadiri oleh Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksdya TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E.,M.M., Danseskoal Laksamana Muda TNI Tunggul Suropati, S.E., M.Tr (Han). Perwakilan Perwira Sesko TNI, Pejabat Utama Mabesal, segenap Pimpinan kotama Angkatan Laut, para Komandan Sesko Angkatan, perwakilan Perwira Sespim Polri, Atase Pertahanan Negara Sahabat, dan segenap Dosen.

Dalam amanatnya Kasal mengatakan, “ Marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, Allah Subhanahu Wata’alla, karena atas limpahan rahmat dan karunia-nya, kita dapat mengikuti upacara pembukaan Pendidikan Reguler Seskoal Angkatan ke-60 Tahun Anggaran 2022 dalam keadaan sehat wal’afiat.

Pendidikan Reguler Seskoal adalah program Pendidikan Strategi Operasi Laut, sebagai wahana pengembangan pola pikir, pola sikap, dan pola tindak untuk membentuk perwira menengah menjadi pemimpin di masa depan yang profesional, tanggap, tanggon, dan trengginas, serta memiliki mental kepribadian rela berkorban, beretika, serta memiliki kemampuan akademis dan kesamaptaan jasmani yang baik.

Selaras dengan perubahan situasi dunia, konsep, metode dan teknologi peperangan juga ikut berubah. Bagi yang tidak mampu merespon perubahan dengan semestinya, maka mereka akan menjadi korban dari perubahan itu sendiri dalam konteks inilah kita memerlukan lembaga pendidikan yang dapat melahirkan Prajurit-Prajurit yang mampu mengantisipasi dan beradaptasi dengan perubahan lingkungan, tanpa meninggalkan nilai-nilai dan prinsip-prinsip Patriotisme serta Heroisme sebagai landasan pengabdian kepada Bangsa dan Negara. Hal ini menjadi semakin besar maknanya bagi Seskoal, lembaga pendidikan untuk Perwira menengah yang merupakan kader pemimpin TNI di masa yang akan datang.

Pendidikan Reguler Seskoal selain sebagai pendidikan pengembangan, juga merupakan pendidikan pascasarjana terapan program studi strategi operasi laut. Materi ajaran dari Pendidikan Pascasarjana tersebut dimaksudkan untuk melengkapi pengetahuan dan pengembangan pola pikir para Perwira Siswa sekalian, sama sekali bukan untuk menggantikan atau merubah jati diri sebagai Prajurit. Hal tersebut menjadi tantangan bagi Seskoal sebagai “Naval and Maritime Center of Excellence” secara kualitatif maupun secara kuantitatif guna menjalankan amanah rakyat sebagai benteng Negara di Laut.

Kepada Perwira Siswa TNI AD, TNI AU, dan Polri, saya mengucapkan selamat datang di Bumi Cipulir, dan selamat mengikuti pendidikan, semoga pendidikan ini dapat meningkatkan soliditas dan sinergitas TNI-Polri di masa mendatang. Kepada para Perwira Siswa dari Negara Sahabat, saya ucapkan selamat datang di Indonesia. semoga melalui pendidikan ini, persahabatan dan kerja sama antar Negara, khususnya antar Angkatan Laut akan terjalin semakin erat, tutup Kasal dalam amanat.

Sebelum amanat, berkesempatan didepan seluruh tamu undangan dan di depan para Perwira Siswa Kasal secara resmi membuka Pendidikan Reguler tersebut diiringi dengan penyematan perwakilan tanda Perwira Siwa. Untuk diketahui bahwa Perwira Siswa berjumlah 184 dengan dibagi 160 Perwira Siswa TNI AL, 2 Perwira Siswa TNI AD, 2 Perwira Siswa TNI AU, 7 Perwira Siswa Polri, dan 9 Perwira Siswa dari Perwakilan Negara Sahabat, yaitu Negara Australia, Bangladesh, India, Jepang, Korea Selatan, Malaysia, Pakistan, Uni Emirat Arab, dan Singapura.

(Dispen Kormar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*