Akibat Terjangan Banjir TPT Sungai Cilaut Eureun Roboh’ Nyaris Menggusur Sekolah SMAS MAARIF NURUL HIDAYAH Cikelet

 

MPGI News Garut – Jawa Barat – Minggu 25/10/2020 Bencana Banjir bandang yang menimpa garut selatan beberapa pekan kebelakang sempat menyedot perhatian publik, banyak sarana dan prasarana yang telah dibangun baik oleh pemerintah provinsi,kabupaten maupun desa luluh lantak diterjang banjir bandang.

;Termasuk yang terjadi dialiran sungai cilaut eureun, tepatnya dibelakang gedung sekolah SMAS MAARIF NURUL HIDAYAH dikampung pamalayan RT.02 RW.11 Desa Pamalayan kecamatan cikelet, terpantau oleh awak media tembok penahan tanah (TPT) dengan tinggi lebih kurang 4 meter dan panjang kurang lebih 100 meter roboh.

“Awalnya informasi tersebut disampaikan oleh salah satu jajaran pengurus GP.ANSOR kecamatan cikelet yang bernama nyanyang kepada awak media. ;melihat kondisi dilapangan jika tidak segera dibangun, sangat berpotensi gedung sekolah SMAS MAARIF NURUL HIDAYAH dalam jangka waktu dekat akan tergusur juga tutur nyanyang.

“Dapat disaksikan jarak antara robohnya tpt tersebut kurang lebih hanya 2 sampai 3 meter saja, intensitas hujan belakangan ini diwilayah cikelet antara sedang dan lebat, kami khawatir akan terjadi banjir susulan tambahnya, untuk itu kami jajaran pengurus Gerakan Pemuda Ansor kecamatan cikelet berharap, agar pemerintah baik provinsi maupun kabupaten segera membangun kembali TPT dan Jalan yang ada dibelakang sekolah tersebut, antisipasi dini lebih baik daripada menunggu bencana lagi, dan akan berdampak kerugian yang lebih besar’ hal ini yang sangat kami khawatirkan ujar nyanyang.

“Masih kata nyanyang’ sebelumnya kami juga telah menerima bantuan presiden namun bentuknya bersifat penanggulangan yakni berbentuk bantuan bahan makanan dan pakaian layak pakai tambahnya, kami sangat berterimakasih dengan dukungan moral atau materil terhadap warga yang terdampak bencana, namun Antisipasi penanganan terhadap kerugian yang lebih besar juga sangat kami harapkan, karena ini menyangkut sarana dan prasarana tempat putra putri masyarakat garut selatan khususnya warga tiga kecamatan yakni pameungpeuk,cikelet,dan cibalong menimba ilmu tandasnya.

“Jadi kami sangat berharap’ pihak yang berwenang terutama Gubernur jabar dan Bupati garut, segera mengambil keputusan dan segera dibangun apa yang sudah kami utarakan diatas, agar apa yang dikhawatirkan oleh masyarakat dapat terhindar pungkas nyanyang.

(S.Afsor/tim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*